Friday, December 20, 2013

Ada Riba di Bank Syariah


Dialog ini mencontohkan adanya Riba pada bank (berjudul) syariah

Hari Jumat lalu, "terpaksa" membuka rekening baru -lagi di salah satu bank (berjudul) syariah..

"Mba, saya mau buka rekening giro"...kata saya

"Baik Ibu, utk perorangan atau perusahaan?" tanya mba CSO.

"Utk PT". jawab saya.."Oh ya, kalau buka rekening giro ini, akad nya apa yah, mba? tanya saya lagi

Trs screen LCD komputer mba nya diarahin ke saya.. Ada istilah dgn bhs Arab gitu tp kok jd lupa -kalo di bhs Indonesia kan artinya akad Titipan (amanah)

"Ooh, Jadi kalo gitu saya "numpang titip" dana yah mba, berarti nanti saya harus bayar biaya penitipan/administrasi saja kan ya? Gak ada yang lain lagi kan?..lanjut saya lagi

"Iya Bu, dan nanti jika ada hasil keuntungan, dari usaha bagi hasil perputaran dana Ibu ini, maka kami juga akan membagikan nya dgn mengkreditkan ke rekening Ibu" jelas si Mba CSO

"Lha, kok saya cuma numpang nitip dana aja malah bisa dapat bagi hasil dari usaha orang lain sih? Itu gimana lagi mba? Saya kan cuma nitip sebentar doang, bukan sbg pemodal, bingung saya??.. si Mba pun senyum2 'grogi'

Saya : "Gini aja, fasilitas itu diilangin aja mba, saya cuma taroh titipan dana saja disini. Kalau ada biaya sewa titipan atau biaya administrasi nya, ya gak apa-apa dipotongin aja"

"Maaf Ibu, kalo diilangin 100% gak bisa, tapi kami akan usahakan seminimal mungkin pembagian nya (yg nama nya pembagian, org kan malah mau yg lebih besar donk mba..batin saya) karena ini sudah Sistem nya, Ibu" jelas si Mba

Saya : Rada ngotot....blaa..blaa..kalo begini..bla..blaa

Daaann... Hmmm, percuma jg terlalu panjang lebar cerita sama si Mba ini..pikir saya
10 menit an kemudian, setelah bersalaman dgn si Mba yg cantik itu saya pun beranjak dari kursi Customer nya.....

Itu lah SISTEM yang telah berjalan otomatis dan sistematis..
Sudah benarkah sistem itu? Bisa kah mengelak salah dari Sistem yang ternyata malah salah?


Sumber : Facebook sahabat kami : Ibu Miche Sari Dewi, Owner Rumah Sakit Mesra Pekanbaru

http://www.tanpariba.com/

No comments:

Post a Comment